Senin, 17 April 2017

Kiat-Kiat Menumbuhkan Semangat Belajar


Sebagai pelajar, tugas utama dan hukumnya wajib bagi kita adalah belajar. Di sekolah kita diajarkan berbagai macam hal, mulai dari ilmu alam, ilmu sosial, hitung-hitungan, seni, olahraga dan lain sebagainya. Kita belajar dan diajarkan apa saja, dan juga berpaluang untuk menekuni sesuatu yang kita senangi. Akan tetapi, dengan banyaknya hal kita pelajari itu, bukan semangat yang muncul, justru rasa malas dan enggan belajar. Sebetulnya, inti dari kemalasan itu adalah menunda sebuah pekerjaan hari ini ke esok, esok ke lusa dan seterusnya. Setelah kita melakukan hal semacam itu, perlahan dan pasti semangat kita akan mengendur.

Nah, di sini Rumah Pelajar mau berbagi sedikit tentang kiat-kiat menumbuhkan semangat belajar

Pertama, yakin diri dan mantapkan hati. dengan meyakinkan diri dan memantapkan hati kita untuk belajar, niscaya semangat belajar di dalam diri kita akan menjadi energy positif yang menggerakkan tubuh kita dengan ringan.

Kedua, ingat dengan orang-orang di sekeliling kita. kita dikelilingi oleh orang-orang yang menyayangi kita seperti orang tua, kakek, nenek, kaka, adik, dan teman-teman kita. bayangkan mereka akan merasakan sesuatu yang menyakitkan seandainya kita gagal. Dan bayangkan pula ekspresi mereka saat kita berhasil.

Ketiga, jangan pernah menunda pekerjaan. selalu kerjakan apa yang menjadi tugas atau pekerjaan hari ini sampai selesai. Bila tersisa sedikit, jangan sedikit pun mencoba untuk menundanya hingga hari esok. Dengan istiqomah melakukan hal ini, semangat belajar yang kita pupuk di sanubari akan senantiasa terjaga.

Keempat, pupuk rasa iri terhadap orang yang lebih pandai. Memupuk rasa iri, bukan berarti kita membenci seseorang. memupuk rasa iri terhadap kepandaian bisa jadi berarti, jika orang lain bekerja satu kali, kita harus bekerja dua atau tiga kali. Artinya kita harus bekerja lebih keras daripada orang lain, terutama dalam belajar.

Kelima dan yang terakhir, berdo’alah selalu. Setelah semua kita lakukan, hal terakhir yang perlu dilakukan adalah berdoa. Memohon pada Tuhan agar hati kita dimantapkan dan ditetapkan dalam belajar. Dan memohon agar semangat kita terus menggebu-gebu seperti api abadi.

Bagikan

Jangan lewatkan

Kiat-Kiat Menumbuhkan Semangat Belajar
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.