Jumat, 07 April 2017

Tujuan Pendidikan Menurut UNESCO


Pendidikan merupakan hak bagi seluruh bangsa tanpa memandang ras, warna kulit, suku, bahasa, batas wilayah, agama, dan lain-lain. pendidikan harus dienyam oleh siapapun, dimana pun, dan kapanpun. Siapa pun boleh mengenyam pendidikan. Oleh karena itu, organisasi internasional seperti PBB melalui UNESCO telah mencanangkan tujuan pendidikan. Berikut ini adalah kutipan tujuan pendidikan dari UNESCO;

“Dalam upaya meningkatkan kualitas suatu bangsa, tidak ad acara lain kecuali melalui peningkatan mutu pendidikan. Berangkat dari pemikiran itu, Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) melalui lembaga UNESCO (United Nations, Educational, Scientific, and Cultural Organization) mencanangkan empat pilar pendidikan baik untuk masa sekarang maupun masa depan, yaitu; (1) Learning to Know (2) Learning to Do (3) Learning to be (4) Learning to life together. Dimana ke empat pilar tersebut menggabungkan tujuan-tujuan IQ, EQ, dan SQ.”

Di sini tersirat bahwa tujuan pendidikan menurut UNESCO adalah membuat manusia agar mengetahui, melakukan, menjadi dan hidup bersama. Tujuan terakhir ini adalah agar segenap manusia yang berasal dari beragam suku, bangsa, warna kulit, bahasa, dan perbedaan-perbedaan lainnya mampu hidup berdampingan tanpa mempermasalahkan status apapun. mensederajatkan manusia melalui pendidikan. Selain itu, di akhir kutipan UNESCO berasumsi bahwa pilar-pilar tersebut akan menggabungkan potensi IQ, EQ, dan SQ yang dimiliki oleh manusia.

Bagikan

Jangan lewatkan

Tujuan Pendidikan Menurut UNESCO
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.