Rabu, 19 April 2017

Life Is Football


Kehidupan manusia bisa dianalogikan dengan sebuah permainan, salah satunya sepak bola. Permainan yang paling digemari hampir di seluruh penjuru dunia ini dikatakan oleh seorang teman memiliki beberapa unsur yang punya keterkaitan yang sama dengan kehidupan. Mari kita lihat.

Pertama, dalam permainan sepak bola biasanya terjadi gol. Gol adalah momen terindah dalam pertandingan sepak bola, meskipun setiap mencetak gol belum tentu memenangkan pertandingan. Gol dapat diartikan sebagai ambisi atau cita-cita, manusia hidup harus memiliki cita-cita, dan ketika cita-cita itu tercapai maka kebahagiaan yang tiada tara pun akan dirasakan.

Kedua, apakah bisa cita-cita dicapai tanpa adanya perencanaan yang bagus? Jawabannya kita semua tahu, tidak bisa. Perencanaan menjadi hal yang sangat vital dalam berbagai hal, tidak hanya dalam mencapai impian. Perencanaan yang baik akan menghasilkan sesuatu yang baik pula. Apa yang kita siram maka akan kita petik”, kira-kira itu kutipan pepatah singkat yang saya kutip. Begitu pula dalam sepak bola, perencanaan menjadi hal yang sangat penting saat hendak menghadapi pertandingan, perencanaan yang matang akan menghadirkan kemenangan.

Ketiga, jalankan strategi. Apa yang sudah kita rencanakan adalah strategi untuk menuju impian. Konsep terbaik takkan bernilai jika hanya disimpan bersemayam dalam lemari, maka dari itu lakukan apa yang sudah diatur dalam proses sebelumnya.

Keempat, fokus 2x45. Semua bentuk pekerjaan membutuhkan fokus. Fokus menjadi kunci dari keberhasilan yang akan dicapai dari suatu pekerjaan. Misal, impianmu adalah mendapatkan nilai tertinggi pada ujian akhir semester nanti, maka fokuskan dirimu belajar untuk meraihnya,. Jangan memikirkan yang lain. Biarlah dirimu mencumbu satu hal, asal menghasilkan.

Kelima, ciptakan peluang. Proses ini bisa disebut sebagai proses tersulit untuk dieksekusi, tapi jangan khawatir, proses yang berlangsung akan membuatmu mengerti bagaimana sih peluang itu, dan kamu pun akan mampu menciptakan peluangmu sendiri.  menciptakan peluang baru dapat kita lakukan setelah kita fokus pada perburuan impian kita, peluang ini dapat menjadi penghantar untuk mewujudkan impian.

Dan terakhir adalah goal. Goal ini merupakan momen yang sangat dinanti-nanti oleh semua suporter.  Setelah semua proses di atas terlaksana dengan baik, kini saatnya kamu mencetak goal alias mewujudkan impianmu. Ingat! Semua yang kamu lakukan akan berdampak pada bagian yang satu ini, kesungguhan akan menghasilkan sesuatu yang memuaskan, dan ketidaksungguhanmu akan menghasilkan satu kegagalan dari rangkaian kegagalan-kegagalan yang lain.

Dan satu hal lagi, ini semua hanya kiat-kiat saja. Kamu bisa melakukan improvisasi sesuai kehendak kamu sendiri dengan syarat, sungguh-sungguh.

Sumber gambar : eurosport

Bagikan

Jangan lewatkan

Life Is Football
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.